Jumat, 10 Februari 2012

Ketep pass

lanjuut...
kali ini kembali ke deket-deket jogja saja.
ketep pass  dan kebun yang terletak di magelang. Berjarak kurang lebih 60 km dari jogja bisa ditempuh sekitar 1,5 jam. Untuk menuju ketep pass tidak sulit dari Yogyakarta ke arah Magelang melewati Muntilan. Memasuki pertigaan Blabak yang terletak disebelah utara Muntilan, ambil jalan ke kiri. Sepanjang jalan masuk kawasan taman nasional gunung merapi, kita dapat menikmati pemandangan gunung merapi yang ada didepan kita, udara yang sejuk dan hamparan sawah yang terbentang luas.Setelah menikmati perjalanan selama 20 menit dari kawasan taman nasional gunung merapi, dengan jalan berkelok-kelok dan menanjak dan sedikit bergelombang akhirnya sampai juga di wisata ketep pass.
Obyek Wisata Ketep Pass terletak pada ketingggian 1200 m dpl. Atas prakarsa Gubernur Jawa Tengah H.Mardiyanto,dipilih tanah berbukit ini untuk dikembangkan sebagai tempat tujuan wisata baru di jalur Solo-Selo-Borobudur (SSB) dengan ciri khas wisata kegunungapian.Obyek Wisata Ketep Pass diresmikan oleh mantan Presiden RI Megawati Sukarno Putri pada 17 Oktober 2002.


Untuk harga tiket Masuk ke Ketep Pass sangat terjangkau yaitu Rp 3.000 per orang ditambah biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor. Untuk melihat lebih leluasa silakan untuk menuju di Gardu Pandang Ketep Pass yang terletak paling atas sendiri. Disana juga disediakan gazebo untuk menikmati pemandangan dengan lebih santai. Gardu pandang adalah tempat untuk melihat keindahan alam Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.Serta hamparan lahan pertanian di kedua kaki Gunung tersebut.

Selain gardu pandang ada juga ketep volcano teater adalah bioskop mini tempat pemutaran film dokumenter tentang aktivitas Gunung Merapi. dengan tiket Rp 7.000 kita bisa menikmati film ini. Film ilmiah yang menceritakan tentang terjadinya,jalur-jalur pendakian,penelitian dipuncak Garuda serta letusan dahsyat Gunung Merapi.



Dibelakang volcano teater ada pelataran Panca Arga mempunyai arti Lima Gunung,pada lokasi ini merupakan puncak tertinggi di Obyek Wisata Ketep Pass.Dari puncak tertinggi ini pengunjung dapat melihat Lima Gunung yaitu Gunung Merapi,Gunung Merbabu,Gunung Sindoro,Gunung Sumbing dan Gunung Slamet.

 Setelah menikmati keindahan gunung merapi dan merbabu, perjalanan kami lanjutkan ke kebun strawberi. Letaknya tidak jauh dari ketep pass. Dari ketep kita tinggal lurus kearah utara atau kearah atas. Berjarak kurang lebih 1 km kita dapat menikmati hamparan tanaman sayur-sayuran dan kebun strawberi. Untuk dapat memetik strawberi kita tidak usah membayar tiket tapi cukup membayar strawberi yang kita petik. kebetulan banget pas strawberi siap petik.





Tidak ada komentar: