Selasa, 21 Februari 2012

Jawa Timur Park 1

Sudah lama pengen banget ke Malang.
Rencana sih mau nonton semifinal piala AFF 2010 di GBK, tapi berhubung ga dapet tiket ke jakarta yasudah kita alihkan ke kota batu, malang. Disusunlah rencana dadakan kami. Kami bertiga berangkat dari jogja.
Siangnya ke stasiun tugu untuk beli tiket dan sempet kaget juga tiket ekonomi Rp 100.000 sampe malang dengan kereta malabar expres. kaget dan memupuskan harapan kami..mulai lebay. Tapi setelah dibaca lagi  ahaahhaah ternyata itu harga untuk bulan januari.
Hampir satu jam ngantri tiket karena lagi musim liburan akhirnya dapet tiket juga dengan harga Rp 60.000 dan jam berangkat jam 12 malem.
Kereta malabar express, kereta dari bandung ke malang, gerbong ekonomi,eksekutif dan bisnis jadi satu. tidak seperti yang kami bayangkan tentang kereta ekonomi, kereta ini cukup nyaman dan bersih. Jam 12 malam kami berangkat dari jogja dan  sampai di stasiun kota baru, malang jam 07.30.
Perjalanan menuju Malang

Hamparan sawah yang mulai menguning
Dari stasiun kota baru, kami berjalan menuju balai kota malang yang jaraknya tidak jauh.
Sampai di balai kota malang kami dibuat terkesima dengan kondisi balai kota dan taman depan balai kotanya. Bersih, sejuk, dan banyak pohon dan bunga-bunga yang menambah keindahan malang ini.
Balai kota Malang
Bunga teratai di depan balai kota Malang

Kebetulan banget ada saudara dari temen yang di Malang, jadi pemandu wisata gratis kami. hehehe
Berangkat dari balai kota Malang menuju kota Batu dengan sepeda motor. Untuk yang tidak membawa kendaraan pribadi tidak usah khawatir karena di malang masih banyak angkutan umum.
Tujuan pertama kami Jawa Timur Park 1. Tak lama sekitar setengah jam kami tiba di kawasan wisata Jatim Park 1.
Setelah kami  membeli tiket masuk  Rp 50.000  petugas memberi kami gelang berwarna putih yang harus digunakan selama  berada di area Jawa Timur Park I karena gelang tersebut merupakan Tiket untuk mencoba setiap wahana yang ada. Di Halaman depan Jatim Park 1 ada sebuah gong raksasa berwarna kuning keemasan, dan dua patung sapi berwarna kuning keemasan.

Jatim Park 1 memadukan konsep pendidikan dan rekreasi. Banyak wahana pendidikan yang ada di sana. Mulai dari galeri nusantara yang menampilkan berbagai rumah adata dan pakaian daerah dari masing-masing suku yang ada di Indonesia.
Galeri Nusantara

Anjungan Jawa Timur
Setelah dari galeri nusantara kami di arahkan ke area ilmu pengetahuan dan teknologi Disin terdapat banyak alat peraga pendidikan mulai dari biologi, kimia, anatomi tubuh, fisika dan masih banyak lagi.
Sistem Periodik Unsur
Setelah puas mencoba berbagai macam alat peraga kami, kami berjalan-jalan lagi megelilingi Jatim Park.
Di taman Argo, kami bisa melihat berbagai  jenis tanaman sayur dan buah namun sayang sekali pas kami ke sini sebagian masih kecil-kecil dan belum berbuah.
Setelah dari taman argo ada Taman Sejarah yang di dalamnya terdapat beberapa miniatur Arca dan Candi yang ada di Indonesia
  Wahana pendidikan selanjutnya adalah koleksi uang pada zaman dahulu

Setelah berkeliling wahana pendidikan, kini tiba saatnya mencoba wahana bermain di jatim park 1 ini.
Wahana pertama yang kami coba adalah star chase. Jauh dari dugaan, wahana ini membuat saya pusing dan mual-mual. Betapa tidak kami di putar-putar dengan kecepatan tinggi.

Dan inilah berbagai macam wahana yang ada di jatim park 1

Eh iya ada patung superman, tapi berbeda dengan superman di luar negri, yang ini superman dalam negri yang mengangkat becak hihihi

Lanjut....
Dari wahana bermain kami menuju rumah pipa.
Rumah pipa adalah wahana berupa pipa dan ruangan-ruangan kaca, lembab,gelap yang dan semua ruangan berair. Di dalam rumah pipa terdapat hutan rimba dan di sertai hujan yang deras dan petir yang menggelegar.
Dan baju kami basah karena semprotan-semprotan yang ada di rumah pipa, keluar eh ternyata diluar hujan.
sudah basah tambah basah lagi karena ke hujanan, tapi gapapa karena begitu sampai malang kita langsung ke jatim park nggak pakai mandi hehehe
Dari rumah pipa menuju taman ikan. Taman ikan berada dalam ruangan tertutup yang didalamnya terdapat berbagai jenis ikan. Terdapat 75 spesies ikan dari berbagai  dunia yang terbagi atas ikan air tawar dan ikan air laut.

di Jatim Park 1 juga terdapat waterboom yang cukup luas dengan view patung Ken Arok yang memegang sebilah keris. Dimana Ken Arokadalah raja pendiri Kerajaan Singasari, yang lokasinya sekarang diperkirakan berada di daerah Singosari, Malang.
Sayang sekali nggak ada fotonya.
Hujan tak kunjung reda, setelah lama menunggu akhirnya kami memutuskan untuk membeli jas hujan plastik dan keluar dari jatim park 1 menuju songgoriti untuk mencari penginapan.