Jumat, 17 Februari 2012

Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali atau monjali adalah salah satu museum yang ada di jogja.
Monumen ini  berbentuk kerucut dan  berwarna putih. Untuk lokasi Monjali ini sangat lah mudah berada di Jalan Lingkar Utara yang merupakan jalan utama, tepatnya di Dusun Jongkang, Desa Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman, jogjakarta.
Tiket masuk Rp 5000 untuk wisatawan lokal dan   Rp 7500 untuk wisatawan manca. 
 
Halaman depan monjali
 Monumen Jogja Kembali

 


Diarea monumen terdapat replika Pesawat Cureng serta replika Pesawat Guntai di dekat pintu barat. Sebelum turun ke depan monumen, di selatan pelataran ada sebuah dinding yang memuat 420 nama pejuang yang gugur antara 19 Desember 1948 hingga 29 Juni 1949 serta puisi Karawang Bekasi-nya Chairil Anwar untuk pahlawan yang tidak diketahui namanya.
 Monumen Jogja Kembali ini menyajikan  koleksi tentang Serangan Umum Satu Maret, perjuangan sebelum kemerdekaan hingga kota Yogyakarta menjadi ibukota RI. Dilantai dua, diaroma melingkari bangunan menggambarkan rekaan situasi saat Belanda menyerang Maguwo pada tanggal 19 Desember 1948, Serangan Umum Satu Maret, Perjanjian Roem Rayen, hingga peringatan Proklamasi 17 Agustus 1949 di Gedung Agung Yogyakarta.  


Memasuki lantai teratas adalah sebuah ruangan berbentuk lingkaran dan relief tangan yang menggambarkan  semangat juang rakyat dalam merebut dan memperjuangkan kemerdekaan

Tidak ada komentar: